Mengetahui Sejarah dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia

12.07 lina nurhayati 1 Comments

Mengetahui Sejarah dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia - Bank-bank di Indonesia kini semakin diramaikan dengan kehadiran bank syariah, yang menawarkan produk-produk keuangan dan investasi dengan cara yang berbeda dari bank konvensional yang sudah tua. Meski masih dianggap sebagai "newbie", perbankan syariah berkembang pesat loh. Maklum, Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia dan jelas menggunakan hukum perbankan dan prinsip-prinsip Islam akan lebih diinginkan.

Bahkan bank konvensional di Indonesia sekarang mengikuti trend dengan mendirikan lembaga syariah atau unit usaha syariah sendiri. Hal ini dilakukan untuk percintaan lebih banyak pelanggan yang tertarik dengan keuntungan dari bank syariah. Tentunya banyak yang bertanya-tanya tentang asal-usul dari perbankan syariah di Indonesia. Mari tidak penasaran, mari kita kilas balik di mana perbankan yang satu ini.

Apa Itu Perbankan Syariah?

Perbankan Syariah
Perbankan Syariah via blogspot.com

Sebelum jalan, mari kita cari tahu definisi Perbankan Islam. Nah, sering disebut Islam Perbankan Syariah Banking, bank yang pelaksanaannya didasarkan pada hukum Islam atau syariat. Karena menurut hukum Islam, perbankan syariah tidak mengakui keberadaan "meminjam" atau suku bunga.

Bunga pinjaman dianggap riba dan berdosa. Dikenal di perbankan syariah adalah "sistem bagi hasil" atau rasio bahwa proses ini sama-sama dikenal dan disetujui oleh bank dan nasabah. Pendiri pelopor perbankan syariah di Indonesia Bank Muamalat pada tahun 1991. Bank lahir oleh Majelis Ulama Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), seorang pengusaha Muslim dan juga pemerintah.

Sayangnya, bank kinerja kurang populer dan stagnan, hanya setelah krisis ekonomi dan reformasi, Bank Muamalat mulai menerima pelanggan.

Baca Juga: GADAI BPKB MOBIL

Proses Berdirinya Perbankan Syariah

Bank Muamalat
Bank Muamalat, Bank Syariah Pertama di Indonesia via infobanknews.com

Dalam sebagian besar Indonesia adalah Muslim, kehadiran bank syariah telah menjadi obsesi banyak orang bahkan sebelum Indonesia merdeka. Sejarah mencatat K.H Mas Mansyur, ketua dewan Muhammadiyah periode 1937-1944 sejak telah menyatakan bahwa umat Islam di Indonesia dipaksa untuk menggunakan jasa bank konvensional karena tidak memiliki riba badan independen.

Pada tahun 1983 pemerintah Indonesia telah merencanakan untuk menerapkan "sistem bagi hasil" di berkreditan yang merupakan konsep perbankan syariah.

Pada saat itu kondisi perbankan Indonesia adalah berat-berat karena Bank Indonesia tidak dapat mengendalikan suku bunga di bank melonjak. Jadi pemerintah mengeluarkan deregulasi tanggal 1 Juni 1983 yang menimbulkan kemungkinan bank untuk mendapatkan keuntungan dari hasil sistem kredit.

Tapi lima tahun kemudian, pemerintah menganggap bisnis perbankan harus benar-benar terbuka untuk mendukung pembangunan. Dan pada tanggal 27 Oktober 1988, pemerintah mengeluarkan Paket Kebijakan Pemerintah pada bulan Oktober (PAKTO) untuk meliberalisasi sektor perbankan. Nah, meskipun lebih berdiri perbankan konvensional, beberapa daerah berasaskan perbankan syariah juga mulai muncul.

Pada tahun 1990, MUI membentuk kelompok kerja untuk mendirikan Bank Islam di Indonesia. Nah, ini adalah cikal bakal lahirnya perbankan syariah di Indonesia. Pada tahun 1991, bank syariah pertama di Indonesia, Bank Muamalat lahir.

Perbankan Syariah Kini

Bank Syariah di Indonesia
Perbankan Syariah Berkembang di Indonesia via wordpress.com

Ketika krisis ekonomi pada tahun 1998 yang menyebabkan Presiden Soeharto lengser, para bankir sempat bertanya-tanya mengapa Bank Muamalat dapat bertahan krisis yang telah melihat puluhan bank konvensional lainnya jatuh tak berdaya. Terinspirasi oleh Bank Muamalat tegarnya menghadapi krisis, kemudian berdiri Bank Syariah Mandiri, bank syariah kedua di Indonesia. Bank Syariah Mandiri merupakan gabungan dari beberapa bank BUMN dimiliki oleh kecelakaan terkena dampak krisis pada tahun 1998.

Tentu saja para bankir kembali taruhan pada apakah bank akan bertahan atau tidak. Mereka percaya bahwa jika Bank Syariah Mandiri dapat bertahan perbankan syariah ternyata memiliki masa depan yang menjanjikan di Indonesia. Siapa sangka akhir Bank Syariah Mandiri cukup berhasil dan mendorong munculnya berbagai bank syariah lainnya di Indonesia. Saat ini keberadaan bank syariah di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 10/1998 tentang Perubahan UU No 7 Tahun 1992 tentang perbankan.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan sebuah bank syariah baru di Indonesia. Bahkan, tidak bersaing dengan bank konvensional yang mendominasi pasar di Indonesia, mereka sudah mulai berinovasi dengan meluncurkan produk seperti Kartu Kredit. Apa pembangunan masa depan perbankan syariah? Kita lihat saja. pinjamanuangtunai05.blogspot.com

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus